—–

8 November 2021, BRIdge kembali mengadakan pelatihan “How to Write an Excellent Response to Customer Complaint” secara daring via aplikasi Zoom. Bagaimana menulis respons yang tepat terhadap komplain konsumen? Saya kembali dipercaya untuk berbagi tips menulisnya. Sebelumnya, pada 2020 lalu, saya juga berbagi pengetahuan dan keterampilan serupa kepada dua kelas Customer Service BRI.

Tentu saja, standar penulisan sesuai kompetensi yang diakui BNSP (melalui LSP PEP) menjadi salah satu patokan. Setiap peserta wajib menguasai sikap (attitude), pengetahuan (knowledge), dan keterampilan (skill) yang tepat. Para peserta wajib mengetahui tahapan menulis mulai dari pra-menulis, menulis draf, revisi, penyuntingan, dan terbit/kirim.

Khusus untuk kelas “Bagaimana menulis respons yang tepat terhadap komplain konsumen,” saya bagikan teknik menulis yang dipadukan dengan ilmu NLP, Psikologi Konsumen, Komunikasi Intrapersonal dan Antarpersonal, serta Hypnotic Writing. Para peserta harus memenuhi syarat pengetahuan tentang karakter dasar manusia, sifat dan sikap konsumen, serta bagaimana berkomunikasi dengan tipe konsumen yang berbeda-beda. Sesungguhnya, keterampilan ini membutuhkan beberapa jam pelajaran, khususnya praktik bagaimana menghadapi keluhan tertulis konsumen.

Pada era Media Sosial ini, begitu banyak saluran yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen untuk menyampaikan ketidaknyamanannya atas pelayanan suatu perusahaan. Pun demikian para customer service, memiliki hal yang sama. Oleh karenanya, seorang customer service juga wajib melek karakter media sosial yang berbeda-beda.

Semoga bermanfaat ya, kawan-kawan Customer Service BRI…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Dodi Mawardi © 2019